Advertise here

Pada kesempatan ini sepeser.com akan berbagi tutorial blog cara membuat dan memasang seo smartlink di Blogger. Yah, dengan membuat ini maka setiap kata tertentu yang kamu ingin akan otomatis menjadi link aktif. Cara memasangnya mudah saja bahkan yang kamu seorang pemulapun bakalan bisa membuatnya.

Bagaimana cara menghubungkan postingan yang satu dengan postingan yang lain? dalam sebuah blog untuk membantu pembaca berpidah halaman adalah kamu bisa membuat link pada text atau kalimat tertentu yang ada di postinganmu.

Link ini biasanya di pakai untuk menghubungkan setiap halaman di blog, saat link di klik maka akan di arahkan ke halaman lainnya. Biasanya teks atau kalimat yang mengandung link memiliki ciri khas atau warna tersendiri. Teks atau kalimat yang mengandung link akan terlihat berbeda dengan teks atau kalimat yang lain.

Cara membuat kata menjadi link otomatis di Blogger
Membuat Seo SmartLink

Seo SmartLink


Ada juga yang terkenal di kalangan Blogger yaitu memasang smartlink pada blognya. Kegunan memasang seosmartlink ini adalah mempermudah kamu yang ingin agar kata tertentu dalam postingan otomatis menjadi link aktif tanpa kamu repot memasukan link secara manual atau insert link secara satu persatu di setiap postingan atau artikel di blog kamu.

Jadi disini contohnya misalnya kamu ingin semua kata SEO di artikel postingan di seluruh artikel blog kamu menjadi link aktif, maka dengan menggunakan link ini otomatis semua kata SEO di seluruh artikel blog kamu menjadi link aktif.

Pada umumnya warna link ini berwarna biru, tapi tidak semuanya begitu beberapa blog di modif agar warna link sesuai keinginan pemilik blog. Tampilan korsor mouse biasanya akan berubah menjadi gambar tangan ketika kursor ada di atas kalimat atau text yang mengandung link.

Sebelumnya juga admin telah berbagi mengenai cara membuat efek loading blog sederhana tapi keren dan juga tentang cara membuat menu navigasi lavalamp di Blogger. Ok sobat berikut adalah cara membuat kata tertentu otomatis menjadi link aktif di Blogger menggunakan script smartlink.

Cara Memasang Seo Smartlink di Blogger


1. Di Blogger, Pilih blog kamu
2. Pilih menu Tema 👉 Pilih di samping SESUAIKAN 👉 Edit HTML
Edit HTML Template Blogger Terbaru 2023
Edit HTML Template

3. Cari kode </body>
4. Copy kode di bawah ini tepat diatas kode </body>
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<script type='text/javascript'>
function autoLink(){
this.keywdHref = new Object();
this.add = function(keyword, href){
if(keyword.substr(0,1) != &quot; &quot;){keyword = &quot; &quot; + keyword;}
this.keywdHref[keyword] = href;
}
this.createAnchor = function(){
var objs = document.getElementsByTagName(&quot;div&quot;);
for(var i=0; i&lt;objs.length; i++){
var obj = objs[i];
if(obj.className.indexOf(&quot;post-body&quot;)&gt;-1){
var content = obj.innerHTML;
for(var keyword in this.keywdHref){
var href = this.keywdHref[keyword];
var newstr = content.replace(keyword, &quot;&lt;a href=&#39;&quot;+href+&quot;&#39;&gt;&quot;+keyword+&quot;&lt;/a&gt;&quot;, &quot;gi&quot;);
obj.innerHTML = newstr;
content = newstr;
}
}
}
}
this.startScript = function(){
var onLoad = window.onload;
window.onload = function(){
if(onLoad){onLoad();}
setTimeout(&quot;f.createAnchor()&quot;, 100);
}
}
}
</script>
<script type='text/javascript'>
var f = new autoLink();
f.add(&quot;SEO&quot;, &quot;https://www.sepeser.com/&quot;);
f.startScript();
</script>
</b:if>
Ket:
Kode Biru : Ganti dengan link tujuanmu
Kode Merah : Kata yang kamu inginkan menjadi link aktif

5. Save Temamu.

Penutup


Link biasanya disematkan pada text atau kalimat, tapi juga link bisa disematkan dalam gambar, sehingga jika text, kalimat atau gambar di klik, maka pengunjung akan beralih atau berpindah ke halaman lain yang diatur pemilik blog.

👉 LIVE DEMO 👈


Sekarang kamu dapat mengujinya apakah berhasi atau tidak dengan cara View Blog dan test apakah berhasil atau tidak. Jika tidak berhasil, mungkin kamu melewatkan salah satu langkah diatas.
0 Komentar untuk "Membuat Kata Tertentu Otomatis menjadi Link Aktif di Blog"