Advertise here

Mencegah Internal Link Terbuka Pada Tab Baru. Ok sobat kesempatan ini sepeser.com akan berbagi cara agar internal link di Blog kamu tidak akan terbuka pada New Tab. Kata link sendiri adalah singkatan dari Hyperlink, namun karena penyebutannya sehingga lebih sering disingkat link. 

Dalam sebuah website atau blog akan kamu temukan link, bisa dalam postingan yang menghubungkan halaman satu dengan halaman yang lain, dan juga tidak jarang ada pada menu navigasi blog sebagai bagian dari sebuah web blog. Dalam sebuah website atau blog link memiliki peran yang cukup penting, yaitu sebagai penghubung hantara halaman satu dengan halaman lainnya. 

Biasanya teks kalimat yang berisi link memiliki variasi atau tampil berbeda dengan teks kalimat yang ada dalam postingan,. Biasanya link akan berwarna biru atau digaris bawahi, atau kursor akan berubah menjadi tangan yang menunjuk saat kursor berada di atas link.

Cara Membuat Internal Link Tidak Terbuka Pada Tab Baru
Open New Tab

Open New Tab


Biasanya open link in new tab ini digunakan untuk eksternal link, sedangkan untuk internal link biasanya terbuka pada window yang sama dan masih di blog itu sendiri. Salah satu tujuan penggunaan internal link yang terbuka pada window yang sama adalah menjaga reader untuk tetap menjelajah blog tanpa harus menutup tab window.

Pada dasarnya pada default blogger telah disediakan mengenai opsi pengaturan link ini, yaitu bisa diatur agar terbuka pada window yang sama, atau bisa pula disetting agar terbuka pada tab baru, sebenarnya kamu bisa mengaturnya saat sedang membuat artikel, namun mungkin saja artikel yang sudah kamu buat sudah banyak dan malas mengeditnya satu persatu. 

Cara Membuat internal link tidak akan terbuka pada New Tab


1. Di Blogger pilih blog kamu.
2. Pilih menu Tema / Theme ➔ Klik di samping Sesuaikan ➔ Edit Html

Edit HTML
Edit HTML

3. Masukan kode dibawah ini diatas kode </head>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
//Open External Links in New Window - Plugin by STCnetwork.org
$(document).ready(function(){
$("#Blog1 a[href^=http], #Blog1 a[href^=https]")
.each(function(){
if (this.href.indexOf(location.hostname) == -1){
$(this).attr({ "target":"_blank" })}
if (this.href.indexOf(location.hostname) != -1){
if ( $(this).attr('target') == '_blank') {$(this).attr("target", "");}}
});});
//]]>
</script>
4. Jika tidak berhasil, mungkin belum ada kode jQuery seperti di bawah ini di blog kamu:
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.7.0/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
Jika sudah ada, walau beda versi kamu tidak perlu mamasang lagi kode jQuery di atas.

5. Save temamu


Internal link biasanya adalah link yang menuju ke halaman lain tapi masih dalam web atau blog itu sendri, berbeda dengan external link yang adalah link dari halaman domain lain yang menuju ke halaman blog kamu.

Sekian semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Internal Link Terbuka Pada Tab Baru di Blog"