Advertise here

Anti copy paste kecuali bagian tertentu. Apakah sobat ingin memasang anti copy paste tapi ingin agar bagian tertentu pada postingan masih bisa di copy paste? nah, pada kesempatan ini sepeser.com akan berbagi tutorial bagaimana cara memasang anti copy paste pada blog kecuali pada bagian tertentu.

Biasanya memasang anti copy paste disingkat copas di blog adalah untuk meminimalisir pencurian konten, yah hanya untuk meminimalisir saja, karena banyak cara untuk mengcopy paste postingan artikel blog orang lain walaupun di blognya sudah terpasang anti copas. 

Cara memasang anti copas sebenarnya sudah pernah admin bagikan di artikel sebelumnya, namun di artikel sebelumnya admin menggunakaan javascript anti copas dan semua postingan tidak bisa di copas. Berbeda dengan postingan ini anti copas ini hanya menggunakan CSS dan bisa di atur bagian mana yang bisa di copas. 

Membuat Anti Copy Paste Pada Bagian Tertentu di Blog
Dilarang copy paste

Anti Copy Paste di Blog


Kamu bisa memasang anti copy paste di blog kamu, setidaknya mempersulit orang lain jika hanya ingin mengcopas postinganmu. Sebenarnya kamu juga bisa melaporkannya ke DMCA jika ada yang ketahuan mengcopy postinganmu seutuhnya tanpa sepengetahuanmu, tampi tentu saja ini cukup merepotkan.

Anti copas ini kamu bisa kecualikan bagian-bagian tertentu di blog kamu misalnya hanya pada bagian code, blockquote atau tag pre. Memasang ini cocok untuk blog yang suka membagikan kode-kode misalnya tentang tutorial blog dan tidak ingin postingannya di copas orang lain kecuali pada kode-kode yang dibagikan. 

Disini ada dua opsi yang bisa kamu pilih bagaimana kami ingin memasangnya, yaitu kamu bisa memasukan kode CSS langsung ke dalam tema atau juga bisa juga memasukannya kedalam widget blog yang pastinya lebih mudah pengerjaannya.

Cara 1: Memasang Css Anti Copy Paste kecuali pada bagian tertentu di Template Blogger


1. Di Blogger pilih Blog kamu
2. Pilih menu Template ➔ Klik disamping Sesuaikan ➔ Edit HTML

Edit HTML template di script Anti Copas bagian tertentu
Edit HTML Template

3. Selanjutnya cari kode ]]></b:skin> masukan kode di bawah ini di atas kode ]]></b:skin>
.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }
4. Simpan Template dan Lihat Hasilnya 

Berikut ini adalah cara yang ke-2 jika kamu kesulitan dengan cara pertama di atas. Sebenarnya sama-sama gampang sih, tergantung selerah aja.

Cara 2: Memasang Css Anti Copy Paste kecuali pada bagian tertentu di Widget Blogger


1. Di Blog kamu di Blogger ðŸ˜„
2. Pilih menu Tata Letak ➜ Tambahkan Gadget ðŸ‘‰ HTML/JavaScript

HTML / JavaScript Tampilan Blogger Update 2023
HTML / JavaScript

3. Masukan kode dibawah ini:
<style type='text/css'>
.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }
</style>
4. Save atau simpan.

Cara Penerapan

Penerapan paling mudah dan tidak sibuk adalah: teks atau kalimat yang kamu inginkan bisa di copy paste adalah menggunakan blockquote!

Blockquote di Blogger
Blockquote di Blogger

Jadi dengan kode diatas pada bagian blockquote, tag pre, dan tag code, bisa di copy tapi selain itu yang ada di postingan tidak bisa di copy.

Atau jika kamu ingin yang lain, gunakan mode HTML saat menuliskan postingan:

Tampilan HTML Postingan
Tampilan HTML

Jika menggunakan Tampilan HTML gunakan kode ini:
<pre> contoh ini bisa di copy </pre >
Atau bisa juga:
<code> contoh ini bisa di copy </code>
Atau lebih mudahnya lagi gunakan saja blockquote yang sudah tersedia pada editor postingan Blogger seperti yang sudah admin jelaskan di atas.


👉 LIHAT DEMO ðŸ‘ˆ



Sekian tutorial kesempatan ini, semoga dengan menggunakan anti copy paste ini, dapat meminimalisir pencurian artikel di blog kamu.
0 Komentar untuk "Memasang Anti Copy Paste Kecuali Pada Bagian Tertentu di Blogger"